Perang Dunia 1
Perang,  Uncategorized

Perang Dunia 1

Perang dunia 1 yang berpusat di Eropa ini diketahui adalah perang yang paling terbesar yang terjadi diseluruh dunia sebelum terjadinya perang dunia ke-2. Perang ini terjadi akibat persekutan antar negara yang ada di bangian barat. Perang ini terjadi pada tanggal 28 Juli tahun 1914 sampai pada 11 November tahumn 1918. Dikatakan sebagai perang besar didunia karena banyak sekali negara yang terlibat oleh perang ini. Perang di ikuti banyak negara ini melibatkan kan banyak sekali negara-negara besar yang saling bersekutu.

Ada dua sekutu yang terlibat dalam perang dunia 1 ini, sekutu pertama terdiri dari Rusia, Prancis, Britania Raya. Dan sekutu kedua terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia. Namun saat Hungaria dan Jerman melakukan peperangan, Italia tidak ikut dalam peperangan tersebut. Keudua aliasni ini banyak sekali mengalami pertempuran. Tercatat banyak sekali tentara perang yang gugur dalam peperangan ini.

Penyebab Perang Dunia 1

Banyak sekali spekulasi yang menjabarkan bagaimana perang ini bisa terjadi, namun masih banyak dari kabar tersebut juga tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Kami akan mencoba memberikan kalian info yang banyak dikabarkan tentang bagaimana perang ini bisa terjadi.

Penyebab Perang

Banyak sekali faktor yang menyebabkan perang dunia ke-1 ini terjadi, diantaranya ada yang mengatakan jika perang ini terjadi akibat perang saudara antar sesama sekutu. Nyatanya perang yang terjadi ini di bentuk dan di lakukan oleh dua aliansi besar dunia yang bertentangan. Banyak yang menyebabkan mengapa dua aliansi ini saling bertikai, mulai dari militerisme, aliansi, imperialisme, dan nasionalisme.

ALIANSI

Dulunya setiap negara yang ada di dunia akan selalu membuat perjanjian pertahanan bersama dengan negara tetangga nya. Perjanjian tersebut dilakukan guna meminimalisir perang atau konflik yang bisa terjadi antar negara yang bertentangga tersebut. Namun nyatanya perjanjian nya dibuat tersebut malah membuat banyak negara yang melakukan sekutu.

ALIANSI

Dengan adanya peraturan tersebut membuat negara yang sedang dalam perang juga akan ikut membela negara sekutunya dan ikut serta dalam peperangan yang ada. Sebelum terjadinya perang dunia pertama tercatat telah ada bebepa aliansi yang ada di dunia, diantaranya:

1. Rusia dan Serbia
2. Jerman dan Austria-Hungaria
3. Prancis dan Rusia
4. Inggris, Prancis dan Belgia
5. Jepang dan Inggris

Saat sedang terjadinya perang antara Austria-Hongaria terhadap Serbia, Rusia turur dalam membela mempertahan kan nyatanya Rusia ikut serta dalam mempertahankan negara Serbia. Melihat keterlibatan Rusia dalam perang yang terjadi, kemudian Jerman pun ikut dalam peperangan tersebut. Jerman ikut dalam membela negara Austria-Hungaria.

Perang yang terjadi tidak berhenti pada perang yang terjadi antar negara itu saja. Jerman kemudian menyerang negara Prancis yang mana hal tersebut juga menyebabkan Inggris ikut serta dalam membela negara Prancis dalam peperangan yang terjadi tersebut.

IMPERIALISME

Penyebab perang yang terjadi selanjutnya adalah Imperialisme yang juga menjadi faktor besar terjadinya perang dunia pertama tersebut. Ini adalah dimana negara membawa serta kekayaan mereka guna menambah kekuasaan yang telah mereka miliki.

IMPERIALISME

Sebelum terjadinya perang dunia ke-1, negara Eropa banyak sekali melakukan klaim atas negara-negara yang mereka incar sebagai negara kekuasaan mereka. Negara-negara yang di klaim oleh negara ini melibatkan banyak sekali negara di bagian Asia dan juga Afrika. Hal tersebut juga banyak sekali menjadi pertikaian.

MILITERISME

Sampai pada abad ke 20an ketika banyak sekali persenjataan modern mulai banyak dimiliki oleh negara-negara besar yang terlibat dalam perang. Ketika abad 20 tersebut banyak sekali negara-negara yang berlomba dalam memperbaharui persenjataan mereka. Bahkan banyak sekali kaum muda yang dilatih secara khusus agar dapat mengikuti perang yang akan di lakukan tersebut. Semu prajurit yang dilatih tidak di seleksi asalkan mereka yang adalah kaum pria saja.

MILITERISME

Dengan berkembangnya terknologi dan persenjataan yang dimiliki oleh negara-negara besar tersebut, membuat semakin mudah nya perang yang dilakukan pada kala itu. Tercatat pada tahun 1914 Jerman memiliki lebih dari 100 kapal perang yang digunakan dalam mengepung negara yang melakukan perang dengan negara tersebut.

NASIAONALISME

Penyebab perang yang terakhir yang terjadi adalah disebabkan oleh Nasionalisme, penyebab besar terjadinya perang dunia pertama disebabkan oleh bangsa Slavina di Bosnia dan Gerzegovina untuk tidak lagi menjadi bagian dari Austria – Hungaria melainkan menjadi bangsa dari negara Serbia. Namun keinginan dari bangsa tersebut tentu saja memicu kemarahan dari Austria-Hungaria.

NASIAONALISME

Pemberontakan yang terjadi juga masuk kedalam penyebab perang dunia pertama terjadi, walapun hanya melibatkan negara itu saja. Pemberontakan yang ada termasuk kedalam nasionalistik yang mana etnis ini juga langsung mengarah pada pembunuhan Archduke Ferdinand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *