Kisah Nyata Perang Yang Diangkat Ke Layar Lebar
Dunia,  Film,  Sejarah

Kisah Nyata Perang Yang Diangkat Ke Layar Lebar

Kisah Nyata Perang – Sebuah kegiatan bernama perang merupakan topik kontroversial yang selalu berhasil jadi bahan perdebatan selama beberapa dekade terakhir. Sebagian kelompok di dunia yang menyuarakan cinta damai menganggap perang sebagai sebuah tragedi. Bagi mereka, perang adalah tindakan keji yang harus dikutuk karena melibatkan pembantaian ribuan nyawa manusia hampir di setiap kejadian.

Kisah Nyata Perang Yang Diangkat Ke Layar Lebar1

Menariknya dari sudut pandang ekonomi, berperang adalah salah satu agenda yang seharusnya wajib diselenggarakan bahkan kalau perlu dibuat rutin sekalian. Sebabnya yaitu karena sudah jelas bahwa suatu perang dapat mempengaruhi peningkatan perekonomian negara dan merangsang transaksi jual beli yang aktif. Sebuah kondisi pasar yang perputaran uangnya bergerak cepat menandakan sektor ekonomi yang sehat dalam suatu pemerintahan.

Kondisi perang adalah suasana yang sangat ideal untuk mewujukan siklus perpindahan uang secara masif dan bervolume tinggi. Berkaca dari semua sebab akibat pada masa peperangan, entah itu baik maupun buruk telah menciptakan daya tarik tersendiri. Rasa ketertarikan itu telah mengundang sisi kreatifitas para sineas berbakat untuk menuangkannya dalam sebuah karya berupa film layar lebar.

Film Bertema Kisah Nyata Perang Selalu Berhasil Menarik Banyak Penonton

Bukan tanpa alasan apabila banyak sutradara sekelas holywood begitu antusias ketika menggarap sebuah film bertema perang. Ditinjau dari bidang psikologi, hasil penelitian mengungkapkan bahwa manusia punya kecenderungan untuk menikmati suasana perang. Berbagai adegan baku hantam ketika pasukan dari kedua kubu memulai kontak fisik di pertempuran sungguh dapat menggugah emosi penonton.

Film Bertema Perang Selalu Berhasil Menarik Banyak Penonton

Ledakan bom maha dahsyat yang meluluh lantakkan gedung atau bangunan lainnya akan menambah peningkatan produksi hormon adrenalin pada manusia. Keringat dan darah bercucuran, luka menganga, atau bahkan anggota tubuh yang rusak akibat bertempur juga mampu memunculkan rasa empati pemirsa.

Film perang adalah suatu produk yang selalu berpotensi mendatangkan keuntungan besar di seluruh belahan dunia berkat tontonan yang disuguhkan. Bahkan untuk menjaring massa lebih luas lagi, si penulis naskah dapat menambahkan berbagai macam genre ke dalamnya. Sebut saja beberapa genre umum yang senantiasa berhasil memeras emosi penonton seperti romansa, horor, thriller, bahkan komedi.

Dengan segala sensasi luar biasa yang ditimbulkan setelah menonton film bertema perang, indsutri layar lebar tidak pernah absen dari genre satu ini. Banyak sekali judul di antaranya telah berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan bergengsi di setiap ajang festival film. Beberapa film peperangan pun sukses menerima nominasi tertinggi sebagai film terbaik sepanjang masa. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan (1998)

Kami sangat merekomendasikan untuk memasukkan judul film ini ke dalam daftar wajib tonton kalian. Sutradara Saving Private Ryan adalah seorang legendaris yang namanya disegani oleh holywood, yaitu Steven Spielberg. Beliau telah sangat berhasil menggambarkan alur perang yang terasa begitu nyata dan sangat relate dengan kenyataan.

Alkisah saat perang dunia II berlangsung, sebuah pasukan militer USA telah ditugaskan secara khusus untuk mengungsikan tawanan perang dari Jerman. Warga negara USA yang bernasib malang sehingga ditawan dan disiksa oleh pihak musuh tersebut bernama Ryan. Sebagai testimonial, para pensiunan perang sungguhan menyatakan bahwa film ini terlalu sakit untuk mereka tonton.

Menurut mereka, adegan yang ditampilkan dalam film ini terlalu akurat sehingga membuka luka lama di hati para mantan prajurit perang. Saving Private Ryan telah diikut sertakan dalam sebelas nominasi penghargaan dan menjuarai 5 kategori Oscar.

  • Black Hawk Down (2001)

Black Hawk Down (2001)

Kisah perang berikutnya yang akan kita bahas terinspirasi dari sebuah peristiwa nyata saat terjadi perang Somalia pada 1993. Ridley Scott dipercaya untuk memegang jabatan sutradara dalam film ini, dan memang ia berhasil membuktikan hasil tangan dinginnya. Pada suatu hari, sepasang helikopter tempur milik USA berhasil dijatuhkan akibat tembakan peluru di sekitar Mogadishu, Somalia.

Di dalamnya terdapat sejumlah besar pasokan berisi logistik serta bahan makanan untuk warga sipil. Misi pasukan pengantar paket ini tidak dapat berjalan dengan mulus berkat gangguan dari simpatisan teroris di sepanjang perjalanan. Premis yang cukup spesifik dan menarik telah mengantarkan Black Hawk Down pada kursi penghargaan Oscar sebagai best film editing dan best sound.

  • Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge (2016)

Usia film ini belum terlalu tua alias masih pantas dibilang cukup muda bila dibandingkan dengan dua film sebelumnya. Lagi-lagi kisah yang disadur dalam naskah film ini juga merupakan gambaran atas peristiwa yang nyata terjadi. Salah satu pemikat Hacksaw Ridge adalah pemilihan peran utama yang dibintangi oleh aktor muda yang sedang naik daun, Andrew Garfield. Diceritakan bahwa seorang tentara muda bernama Desmond Doss mendadak kehilangan niatnya untuk mengangkat senjata.

Ia bertekad untuk tetap berpartisipasi dalam perang tanpa jalan bertempur, yaitu sebagai seorang tenaga medis. Dalam petualangannya, Ia sempat bertemu dengan tentara USA yang sekarat saat terjadinya peperangan melawan Jepang di Okinawa. Dari situlah ia berusaha mati-matian membantu menyelamatkan nyawa si tentara sekuat tenaga. Dugaan anda tepat, bahwa film Kisah Nyata Perang ini pun memenangkan piala Oscar dalam kategori best film editing dan best sound mixing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *